Rupiah Mengalahkan 4 Negara Untuk Memenangkan Penghargaan Uang Kertas Terbaik Di Penghargaan Internasional

Provinciya.net – Association for Monetary Affairs (IACA) pada Selasa (16 Mei 2023) menganugerahi koin Garuda sebagai seri uang kertas baru terbaik pada acara Coinage Awards ke-17 di Meksiko.

Penghargaan internasional ini diberikan untuk tahun penerbitan rupiah tahun 2022 (TE), terdiri dari 7 kategori: Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Direktur Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono dalam keterangan resmi mengatakan, rupiah mengungguli empat rival lainnya: Bank Sentral Kosta Rika, Bank Sentral Meksiko, Bank Sentral Filipina, dan Bank Sentral Filipina. Filipina. Bank Filipina. Bank Sentral Bahama.

Menurutnya, rupiah berhasil meraih penghargaan tersebut karena memenuhi beberapa kriteria seperti inovasi dan fitur keamanan yang unik.

Kami kemudian mengintegrasikan elemen sejarah dengan konten lokal yang relevan dengan negara penerbit, dan mempertimbangkan efektivitas pengintegrasian fitur keamanan, tampilan estetika, dan desain uang kertas.

Erwin menambahkan, penghargaan tersebut juga merupakan pengakuan internasional terhadap kualitas Rupiah Indonesia dan merupakan kelanjutan dari prestasi yang sebelumnya diraih pada kategori Rp 75.000 dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Finalis Penghargaan Mata Uang 2022.

IACA adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2004 dan berbasis di Texas, AS.

IACA berfungsi sebagai forum konsultasi dan kerjasama dengan para pelaku cash settlement system yang terdiri dari bank sentral dan industri seperti penerbit uang, perusahaan percetakan uang dan pemasok bahan percetakan uang.   

Sedangkan IACA Currency Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada prestasi dalam pengembangan dan inovasi di bidang pembayaran tunai.

Penghargaan IACA diluncurkan pada tahun 2007 untuk mempromosikan dan mengakui kualitas, penanganan, pengelolaan, distribusi, dan aktivitas uang kertas dan koin yang terkait dengan uang tunai. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Indeks Pariwisata Indonesia Naik 12 Tingkat, Sandiaga: Ekonomi Digital Dorong Pelaku Bisnis Ke Paris Kraft

Related Posts