Ini Merupakan Tantangan Investasi Di Indonesia, IIA Mengingatkan Manajemen Aset

Provinciya.net – Pimpinan Indonesian Impact Alliance (IIA) Romi cahyadi menilai investasi di Indonesia, khususnya investasi berdampak, masih menghadapi sejumlah tantangan, salah satunya aset yang relatif kurang terkelola.

Menurutnya, dominasi investasi masih dalam bentuk dana asing, namun dengan manajemen aset yang rendah dan sumber daya yang terbatas.

“Padahal ekosistem investasi di negeri ini telah memberikan peluang besar untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030,” kata Romy kemarin.

Berdasarkan laporan Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), Romi menyebutkan, jumlah impact investor di Indonesia lebih rendah dibandingkan investor biasa dalam satu dekade terakhir.

“Tahun 2020, hanya ada 66 impact investor. Sedangkan jumlah investor reguler mencapai 187 perusahaan,” kata Romi.

IIA, lanjutnya, ingin menghubungkan investor asing dan domestik untuk memperoleh peluang di Indonesia, terutama untuk mendukung pencapaian SDGs 2030 tepat waktu.

“IIA akan aktif mengedukasi masyarakat untuk menyadari hal ini. Hal ini dilakukan dengan memberikan informasi, pengetahuan dan pemahaman tentang dampak investasi kepada investor, pengusaha dan pejabat lainnya,” kata Romy.

Tak hanya itu, IIA, lanjut Romi, juga akan mengembangkan database yang mengidentifikasi dan mendukung wirausahawan tahap awal yang berpotensi menciptakan dampak nilai lingkungan dan sosial.

“IIA kemudian juga mendorong aliran modal untuk mempengaruhi investasi melalui alokasi dana kelolaan,” ujarnya.

Manfaat dari investasi berdampak telah dirasakan di seluruh dunia, dan IIA bersemangat untuk memperluas pendekatan yang sama ke Indonesia, tambah Romi cahyadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Untuk Menghindari Kerugian Yang Besar, KPPU Mendesak Pemerintah Membuat Aturan Tentang Fraksi Minyak Goreng

Next Post

IPhone Scammer Twins Escape Rihana-Rihani: Gonta-Ganti Apartemen Untuk Menghapus Jejak

Related Posts